Sabtu, 04 Mei 2013

Melatih Ayam Aduan Juara


MEMBENTUK OTOT BUAT AYAM PEMULA?

 

• Latihan untuk memperkuat otot dan stamina bisa dilakukan dengan lari mengelilingi kandang ( kliteran ) pada pagi hari kemudian ayam dimandikan dan dijemur secukupnya setelah benar2 kering bulunya masukkan kandang umbaran seminggu sekali digebrak mulai dari 5 menit sampai 2 air secara bertahap dengan perlakuan semacam ini biasanya kondisi otot ayam menjadi kuat dan lentur jangan memandikan ayam sore hari setelah matahari terbenam karena bulu ayam yang belum kering benar tapi sudah dikadangkan akan menjadikan bulu ayam kusam dan ayam menjadi bantat ( keras, kaku tidak lincah ).

 

Secara garis besar, latihan itu bisa macam2.

- Lari/putar = menguatkan napas (stamina) dan pembentukan otot paha scr natural. Selain itu juga berguna melatih mental/semangat tarung.

- Pale (push up, jantur, urut, dsb) = Biasanya khusus ditujukan utk membentuk otot2 tertentu spt paha, sayap, leher, dll.

- Umbar dihalaman = Menambah stamina dan kesegaran

- Umbar pasir (kipu) = Melenturkan/mengendurkan seluruh otot badan yg kaku.

- Renang = Menguatkan hampir seluruh otot tubuh dan meningkatkan stamina.

- Abar/gebrak = Meningkatkan stamina, otot, daya tahan pukul dan mental.

- Abar bungkus patok = Meningkatkan mental, stamina dan teknik tarung.

• Pelatihan sebelum ayam turun ke kalangan.

Untuk soal melatih ayam sebelum turun ke kalangan biasa nya setiap pagi saya memandikan & menjemur ayam antara pukul 9 sampai pukul 12 siang selama 1 jam (tergantung cuaca), trus ayam tsb sekalian saya puterin sekitar 5 menit setelah itu ayam diumbar dikandang umbaran 2x2m (klo ada) sampe sore klo tidak ada cukup dilepas bebas secukupnya, setelah itu kembali ke kandang istirahat (Box).

• Makanan yg diberikan.

untuk makanan cukup dikasih makanan sehari-hari + seminggu sekali cukup diberi 1 butir telur (klo ada telur itik) klo untuk obat-obatan cukup diberi B compleks 1 minggu 2x2 butir setelah ayam makan sore. Nb : hentikan pemberian telur dan obat-obatan 3 hari sebelum ayam mau diadu (turun) ke kalangan

 






1 komentar:

  1. Informasi ini sangat berguna, terima kasih sudah berbagi dan jika berkenan silahkan kunjungi juga blog kami berikut ini

    1. Artikel sabung ayam

    2. Berita adu ayam

    3. Informasi laga ayam

    BalasHapus